Lebih Dekat Dengan Ilmu Komunikasi

 





    Ilmu Komunikasi adalah salah satu prodi yang saat ini banyak diminati oleh mahasiswa baru. Karena banyak peminatnya, maka Ilmu Komunikasi menjadi salah satu Prodi favorit dikalangan mahasiswa baru saat ini. Menurut data yang dilansir dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, Prodi Ilmu Komunikasi memiliki peminat yang banyak. Sehingga untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri, Ilmu Komunikasi persaingannya sangat ketat. Begitu juga di kampus swasta peminat yang memilih Prodi Ilmu Komunikasi tergolong banyak.

    Ilmu Komunikasi adalah Ilmu yang mempelajari atau membahas proses komunikasi atau penyampaian pesan secara efektif dari pemberi pesan kepada penerima pesan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, komunikasi mempunyai ruang lingkup yang luas karena setiap manusia pasti butuh bersosialisasi dengan manusia lain. Salah satu cara kita yaitu berinteraksi dengan manusia yang lain memahami apa yang meraka sampaikan. Maka, komunikasi menjadi jalan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

    Di era Globalisasi ini komunikasi sangat mudah dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsunng. Internet salah satu contoh yang membuat komunikasi antar negara menjadi sangat mudah. Bahkan saat ini hampir setiap orang memiliki handphone yang tujuannya untuk mempermudah berkomunikasi. Saat ini banyak  masyarakat mengandalkan dan bergantung pada teknologi digital. Karena itu, program studi Ilmu Komunikasi adalah salah satu jembatan dan sarana massyarakat untuk mengembangkaan diri didunia digital.

    Jika kita berbicara Prodi Ilmu Komunikasi, maka pada perkuliahan tahun pertama, mahasiswa Ilmu Komunikasi bertemu dengan beberapa mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Antropologi, Filsafat Komunikasi. Di Prodi Ilmu Komunikasi kita akan belajar bermacam-macam Ilmu Komunikasi di berbagai tingkatan, seperti berkomunikasi dengan individu, kelompok, atau saat berbisnis. Ada juga komunikasi massa yang mempelajari metode mengemas pesan di televisi, radio, dan media online, serta ada mata kuliah Psikologi Komunikasi. Tujuan mata Psikologi untuk melatih komunikator agar pesan disampaikan dapat diterima si penerima pesan dengan jelas dan tidak menyinggung perasaan.

    Di Prodi Ilmu Komunikasi kita harus memiliki salah satu skill dasar yaitu skill public speaking. Public Speaking adalah kemampuan menyampaikan pesan yang baik kepada audiens. Body Gesture atau bahasa tubuh dapat berbicara dengan artikulasi yang jelas, percaya diri, serta dapat menguasai materi yang akan kita sampaikan adalah beberapa teknik yang harus kita kuasai dalam Public Speaking. Selain itu, ada juga peminatan yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi antara lain periklanan, peryiaran, jurnalis, kajian media, juga humas atau public relations.

    Sebelum memilih Prodi Ilmu Komunikasi saya mengira bahwa Ilmu Komunkasi hanya mengajarkan tata cara berkomunikasi yang baik dan benar saja. Tetapi ternyata banyak hal yang harus dipelajari di Prodi Ilmu Komunikasi, sehingga saya memilih Prodi Ilmu Komunikasi ingin mengetahui lebih banyak tentang apa itu Ilmu Komunikasi dan belajar mendalaminya. Apalagi saat ini, di era Digitalisasi banyak lulusan Ilmu Komunikasi terserap dalam dunia Digitalisasi. Sehingga saya berharap setalah lulus kuliah dan mendapatkan ilmu, saya mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang sudah saya peroleh. Karena lulusan Ilmu Komunikasi mempunyai prospek kerja yang bagus. Lulusan Ilmu  Komunikasi banyak dibutuhkan oleh perusahaan karena komunikasi adalah salah satu hal dasar untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Adapun lulusan Ilmu Komunikasi bisa bekerja sebagai wartawan, broadcasting, editor, public relations, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, dan sejenisnya.




Referensi : https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-ilmu-komunikasi
    

Komentar

  1. Kritik dan saran :
    1. Menyertakan nama penulis pada setiap karya tulisan sebagai identitas.
    2. Judul sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik.
    3. pada penulisan bahasa asing sudah cukup bagus karena diberi italic atau dimiringkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Jetis Sidoarjo dan Sejarahnya

Kesenian di Sidoarjo

Sungkem dan Makna dalam Adat Jawa